Masalah Privasi di Internet

Masalah Privasi di Internet



Seandainya saya adalah seorang maling namun tidak tahu siapakah sasaran aksi saya namun Tiba-tiba kamu yang berteman denganku di facebook atau jejaring sosial lainnya membuat story sedang liburan sekeluarga dan saya dapat dengan mudah menyimpulkan kalau rumah mu pada hari itu sedang kosong. Karena saya seorang maling maka kamu akan tahu apa yang akan saya lakukan bukan, hargailah privasimu. Oleh karena itu karena itu jangan suka asal ngepost di sosial media.
Saat menginstal aplikasi atau program bacalah selalu license agreement. Jangan asal next-next saja atau agree. Banyak sekali aplikasi yang meminta mengakses lokasi kamu saat kamu sedang mengakses aplikasi tersebut. Lalu apa masalahnya dengan privasi? Banyak sekali. Kembali lagi ke paragraf 1, jika saya seorang maling dan tahu anda sedang ada di mana itu sangat membahayakan. Bisa saja saya seorang rampok, kemudian kebetulan saya tahu teman-teman sedang ada di jalanan sepi. Apa yang saya lakukan? Oleh karena itu, gunakan aplikasi yang berasal dari sumber terpercaya, bukan aplikasi MOD lebih-lebih bajakan. Karena biasanya aplikasi tersebut sudah disisipi program-program jahat yang mengancam privasi penggunanya.
Sebenarnya bukan salah sepenuhnya aplikasi dalam mengakses data privasi penggunanya. Karena saat sebuah aplikasi akan menggunakan data privasimu (seperti kontak, isi galeri, lokasi dll) pasti akan ada pop-up peringatan yang muncul yang isinya apakah aplikasi tersebut boleh mengakses data-data pribadimu. Apabila kamu pilih yes, ya, atau setuju berarti kamu membolehkan aplikasi tersebut melihat isi handphone mu. Contoh kasus ketika aku membuat aplikasi untuk edit-edit foto misalnya, terus teman-teman pakai, nah aplikasi tersebut memerlukan izin mengakses dan merubah data galeri fotomu (ya namanya juga aplikasi edit foto). Tahu tidak teman-teman, melalui aplikasi tersebut aku bisa melihat atau bahkan mencuri foto-foto pribadi teman-teman. Kalau ada foto-foto mu yang sifatnya pribadi sekali bagaimana? Oleh karena itu downloadlah aplikasi dari sumber terpercaya, misalnya gadget kamu android maka download lah dari play store, jika kamu pengguna iOS maka downloadlah dari app store. Karena dari kedua sumber di atas, aplikasi yang masuk benar-benar diteliti sehingga tidak merugikan penggunanya.
Yang paling penting dari semua yang sudah aku bahas adalah teman-teman harus bijaksana dalam menggunakan aplikasi. Aku tidak menyalahkan teman-teman yang menggunakan aplikasi-aplikasi yan di dapat dari sumber tidak terpercaya. Karena urusan privasi ya itu urusan individu masing-masing. Kita seharusnya tidak mencampurinya. Ketika kalian membagikan info ini terus tanggapan dari teman-teman kalian “Bodo amat, yang penting bisa dipakek”, ya itu sih hak mereka, orang itu masalah privasi mereka sendiri.

Dan sekali lagi, bijaksanalah dalam menggunakan teknologi. Terimakasih.

3 Responses to "Masalah Privasi di Internet"

  1. Bener gan bisa aja aplikasi hasil modifikasi itu di susupi script yang bisa download informasi kita. Serem ya gan masalah privasi ini.

    BalasHapus
  2. Benar sekali privasi itu sangat penting , kecerobohan saya ketika saat menginstall aplikasi di windows langsung saya centang license aggrementnya :v , jangan lupa kunbal ke alhasantech hehe

    BalasHapus
  3. betul gan, jaman semakin canggih, kita juga harus berhat hati gunain teknologi.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel