Agama tak harus diperdebatkan

Agama tak harus diperdebatkan



INI agak ada unsur golongan, jadi mohon maaf sekali kalau ada yang tersinggung. Tapi akan ku usahakan agar tulisan ini agak "halus". Sekali lagi maaf ya temen2 kalo ada yang tersinggung.

Agama tak harus diperdebatkan

Perselisihan antar sesama itu gak bisa dihindari. Ya namanya juga hidup bareng2, dan kita gak tahu maksud orang lain (andai kita bisa baca pikiran orang lain mungkin kesalahpahaman gak bakal adakali ya hehehe). Dari yang mulai gontok2 an, bawa senjata tajam atau diem2 man (mcam orang pacaran). Well, kata temenku kalo gak ada perselisihan hidup gak enak karena kurang bumbu (mungkin dia lupa kalo jagung bakar tetap enak tanpa bumbu, tapi ya udahlah).

Banyak sih penyebab perselisihan terjadi. Kesalahpahaman, tidak menerima keputusan, rebutan anak orang, rebutan mangga omzet nyolong, dan sebagainya. Tapi akhir-akhir ini aku nemu suatu perselisihan karena alasan yang (menurut ku) enggak banget. Apa itu? Agama.

Sering sekali agama menjadi topik perdebatan sehingga menimbulkan persilihan semua orang. Ente gak percaya gan, coba search aja di google debat agama A dengan agama C. Banyak banget. Yang saya pengen tanya, "Ngapain lo lo pada buat acara kaya gitu?"

Menurtuku nih gaes, agama itu diciptakan oleh Tuhan agar manusia menjadi lebih baik, lebih mengasihi sesamanya, atau bisa bahagia mungkin hehehe. La kok malah dijadiin bahan perdebatan yang akhirnya nimbulin perselisihan. Bahkan dulu pernah jadi alasan perang, perang sal*b.

Suatu hari temenku pernah nonton video debat2 agama di youtube, dan ketika dia kutanya kok suka nonton begituan. Di jawab, soalnya situs kemarin kena Internet Positif dia pengen lihat kalo agama dia (dan aku) adalah agama yang paling bener dibanding dengan agama lawan debatnya. OK, jujur aku juga pingin kok kaya gitu, tapi apa ya harus dilakukan secara "publik", yang ada akan ada kelompok2 tertentu yang malah jengkel dengan agama kita, karena mencoba mempermalukan agama dia di publik.

Ada juga alasan lain, katanya sih memperjuangkan ajaran agama, OK mungkin ilmuku belum nyampek karena gak tahu soal kaya gitu .

Tapi menurutku gini gaes, kalo kita mau "nunjukin" ke orang2 kalo agama (keyakinan) kita adalah benar kita tidak harus menjelek2 kan agama atau keyakinan agama lain. Cukup jalankan ajaran agama kita. Saya yakin sekali tidak ada satupun agama yang mengajarkan untuk menjelekkan agama lain agar agama kita terlihat lebih bagus. Tapi dengan berperilaku saling menghargai, menghormati, tidak mengganggu keyakinan lain dan tidak membuat "kerusuhan". Kita tunjukan kepada dunia bahwa agama (keyakinan) kita adalah benar dengan memberikan kenyamanan kepada orang lain. Saya yakin, agama (keyakinan) yang baik akan membuat penganutnya menjadi baik dan membuat orang di sekitar penganutnya menjadi nyaman dan tentram. Intinya sih kita gak usah debatin agama satu dengan yang lain, kita jalani aja ajarannya, karena gak ada ajaran agama yang bikin penganutnya jadi orang jahat hehehe

Oleh karena itu, ayo kita sama-sama jaga kerukunan dan kenyamanan dalam hidup di negara kita, kita tunjukkan bahwa agama (keyakinan) yang kita punya memberi manfaat kepada dunia. Terimakasih.

NB: daripada buat acara debat agama, mending tuh anggaran lu pakek buat nyumbang di panti asuhan, kayaknya lebih ada manfaatnya buat nunjukin kalo agama kamu adalah agama yang baik.

25 Responses to "Agama tak harus diperdebatkan"

  1. Betul sekali sob, agama tak seharusnya diperdebatkan. Terima kasih. Salam dan sukses selalu

    BalasHapus
  2. Keren bang, memang kita harus saling menghargai atar umat beragama. Siip

    BalasHapus
  3. Betul sekali.. sip

    BalasHapus
  4. Nah Nb yag bawah itu saya Setuju sekali gan

    BalasHapus
  5. Untukmu agamamu untukku agamaku

    BalasHapus
  6. Belum tentu taat kepada agamanya kok udah ngusik-ngusik agama orang

    BalasHapus
  7. kalo ibu ente ane perkosa apa ente diem aje??,
    pasti ente menghukum yang demikian dong,
    yang dulunya ibu ente sangat cantik, sangat ceria, tapi ketika ibu ente ane perkosa, ibu ente malah jadi stress, dan spt orang gila..

    begitu juga dengan agama ente,

    Jika agama ente di perkosa, maka si pemerkosanya harus di hakimi

    wallahualam.

    BalasHapus
  8. memang tidak harus diperdebatkan,,, tapi dibela jika diusik

    BalasHapus
  9. Agama tidk di perdebatkn.. tp klu mau mencari kebenaran.. mari berunding..

    BalasHapus
  10. Setuju banget..
    ngapain debatin agama.
    kalau ujung ujungnya ngga bisa nerima satu sama lain

    BalasHapus
  11. Bener bgt tu gan,sering bgt tuh ribut,debat dll yg bersangkutan atau berbungkus agama tpi malah memancing emosi atau bahkan saling memojokan satu sama lain.
    Kita hidup di negara dimana memiliki byk agama udah seharusnya kita rukun karna gak selamanya perbedaan itu buruk.
    Artikel nya matap abis gan lanjutkan­čĹŹ

    BalasHapus
  12. Iya, pemuda pemudi sekarang itu gampang banget yang namanya debati agama.. mungkin mau nunjukin agama mana yang paling bner, tapi itu jatuhnya malah dosa, bener?
    Belum lagi kalau kerenggangan ini dimanfaatin ama kelompk radikal, malah makin semrawutt..

    Salam kenal, salam perdamaian

    BalasHapus
  13. Benar gan, yang penting jangan sampai mencela agama lain...

    BalasHapus
  14. berangkat dari membaca judul yang sangat menarik, ada pendapat dari saya,
    Perbedaan itu indah tak semestinya di perdebatkan, awal dari keindahan itu ya dari perbedaan dimana kita bisa saling menghargai perbedaan.
    mantab artikelnya sob.,.

    BalasHapus
  15. aku konghucu dan aku suka agamaku

    BalasHapus
  16. Saran gan jangan berdebat agama lebih baik berdebat teknologi biar jadi anak bangsa yang berguna

    BalasHapus
  17. AGAMA BUKAN UNTUK DI PERDEBATKAN TAPI UNTUK SALING DI HARGAI

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel