Pengalaman Memakai Linux

Pengalaman Memakai Linux


Good morning blog, kemaren ane udah nge-share tentang notebook baru ane (yang belum baca klik di sini) sekarang masih mau lanjut nih kita bakal ngomongin tekno gapapa kan. Sungguh ane puas ama notebook baru ane, puas disini karena harga 3 stgah jutaan udah dapat notebook dengan performa bagus. Tapi sayang sekali gaes, kemaren itu laptop waktu beli sistem operasinya masih DOS, and ane gk paham ama DOS (mau belajar juga males). Yg belum tau DOS googling ya. Niatnya sih ini laptop mau ane install windows 7 tapi Ya ALLAH mahal banget (ini buat kantong ane ya, entah kalo menurut temen2). Ini dia screenshoot harganya.





Cukup mahal kan? Mungkin temen2 pada bilang udah pakai bajakan aja. Ini notebook buat kerja cari nafkah gaes, please deh jangan pakek barang illegal. Jujur aja ane juga pemakai barang bajakan tapi setidaknya kalau bisa diminimalisir kenapa enggak.

Akhirnya ane pakek ubuntu gaes. Bagi yang belum tau ubuntu itu sistem operasi berjenis Linux yang sifatnya free. Free disini artinya bebas gaes bukan gratis, jadi bebas mau bayar berapa untuk mendapatkannya, ane ngeluarin 0 $ untuk dapetin ini OS. Lho kok gak bayar? Kan bebas gaes mau bayar berapa juga tetep diterima hhehehe.

Akhirnya setelah 1 jam nongkrong di warnet (3 jam sih, yg 2 jam buat maen dota hehehe) ane berhasil download file installer, ane download yang 14.04 64bit, gile kok cuma 1,1 GB ya. Biasanya sih untuk OS 64 bit lebih dari itu, kemaren pas ada preview office 2016 64 bit filenya 1,5 GB itu software, lha ini OS kok cuma 1,1 GB, jangan2 ane salah download.

Sampek rumah (singkat aja, gk perlu ane jelasin maen dota nya kan ama beli gorengan buat makan di perjalanan pulang) mulai dah ane eksekusi, ane pinjem laptop temen n ane download rufus buat bikin installer nya.
Setelah jadi jreng2 ubuntu ane udah siap.





Ane salut banget ama ini ubuntu gaes, tadi udah diomongin kalo ukurannya gk lebih dari 1.5 Gb tapi pas begitu udah ane install ke laptop ane kok udah banyak program udah built in (bawa an yg g ngerti) kaya officenya udah ada, malah lengkap, penampil gambar, pengkompress file, pemutar musik, pemutrar video, webcam, web browser de el el. Pokoknya ready to use lah.

Stelah 1 jam an ane makek buat ngetik terus ane mau puter music, eh gk bisa gaes. Ternyata biar bisa muter beberapa file musik dan video harus diinstall codecnya. Ane bingung gimana installnya atau downloadnya trus ane kontak temen ane download ada ubuntu restricted packages itu ada di software center. Repot banget ya tapi kerennn udah punya software centre sendiri, mau download software g perlu ngubek2 google ckup buka software center.

Oya entah kenapa atau ane aja yg ngerasa ini OS cepet banget dan enteng, blum lagi buat internetan gilee cpet gaes, oya Mozilla Firefox udah keinstal sendiri lo, jd g perlu repot2 ngedownload lagi.

Selain itu, ini yang paling penting, ini OS gak ada antivirus nya (atau lebih tepatnya gak usah di install antivirus) karena OS ini kaya ga’ bisa kena virus, tapi kita tunggu selanjutnya besok2 ya hehehe.
LEGALITAS, mungkin ini alesan ane pakek ini OS karena legal alias halal. Dan anehnya ketika kita memodifikasi OS ini semau kita itu juga tidak melanggar hukum, bahkan menjualnya kembali juga ga apa2. Gilee...


Ini ubuntu hasil modifan ane hehehehe





Betewe in the end ini bukan iklan ya gaes, kalo tmen2 pada mau tetp pake windows ya ga papa. Postingan ini cuma mau ngajak temen2 pake software yg legal kok. 

OK seperti biasa di akhir postingan ane mau kasih inti dari entry ini

Ternyata benar, uang bukan alat ukur mutlak dalam mendapatkan sesuatu yang berkualitas.

0 Response to "Pengalaman Memakai Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel