Fenomena Begal

Fenomena Begal



Ane asalnya dari lampung, kalo ngomongin lampung udah deh pasti gak lepas dari gajah, Kangen Band ama BEGAL.

Hampir semua temen2 ane yg dari luar daerah lampung selalu ngomong begini “hari lu gak takut apa ya pas sekolah tiba2 ada segerombolan gajah lewat atau nyebrang jalan?” mereka pikir kalo gajah itu di sini udah kaya ayam, berseseran di mana2. HOY Gajah disini cuma ada 2, di way kambas ama di warung *bungkus obat nyamuk*. Belum lagi klo ngomongin artis terkenal dari lampung udah selesai dah dengan kata-kata KANGEN BAND. Temen2 pada ngira kalo artis terkenal dari lampung itu cuma kangen band, padahal buanyaaakk. Contohnya .............................. *mikir keras*

OK next aja, dlu ane prnah ke Kampung Inggris Pare, ketika di tanya ane dari mana dan ane jawab dari lampung udah deh langsung predikat BEGAL lgsung kena ke ane. Tapi ane akui kalo begal tuh banyak di Lampung, mungkin pernah kejadian seorang begal habis begal kena begal ketika kabur hahahaha nah kali ini ane mau cerita tentang begal.

Sore itu sekitar pukul 5 sore ane baru pulang dari kampus. Gile jalanan udah sepi banget. Waktu itu masih inget betul ane ngendarain motor Supra X 125 dengan seplastik gorengan di sebelah kiri (ane sering beli gorengan trus dimakan smbil jalan, gak usah heran temen ane malah bisa beli soto dimakan sambil naek mtor). Setelah 13 menit perjalanan akhirnya ane sampai di perbatasan desa ane. Jujur ane takut, coz perbatesan desa itu berupa kebon2 tk terurus, gelap, sepi. Bukannya takut ama setan ya bray, tapi takut ama begal. Akhirnya ane berhenti dahulu nunggu barengan searah biar ada temennya gitu.

Setelah 10 menit lebih akhirnya ada ibu2 tukang sayur pake mtor bravo. Sebenranya ane gak tahu itu kalo ada ibunitu coz mtornya gak ada lampunya dan hari saat itu udah gelap banget mau maghrib. “haduh ibu2 lagi, kalo ada begal juga pasti gk bisa di ajal ngelawan” itu yg ane pikirin.

Tapi ya mau gimna lagi, daripada ane diem disini malah nunggu begal dateng mending ane jalan toh ntar kalo ada begal kayaknya lebh jantan deh *entah pemikiran dari mana*. Wajtu itu ane pas bener di belakang ibu2 itu, BUSET sesek napas ane coz motornya itu buanyak asepnya.

Ane hampir gak betah bau asepnya akhrinya ada niatan mau nyalip juga tuh ibu2 tukang sayur. Tiba-tiba munculah pemikiran baik mahasiswa ane “tuh motor ibu udah gk ada lampunya, mana udah gelap lagi, kasian ntar klo ane tinggal. Akhirnya ane putusin gk jadi nyalip, ane tetep stay dibelakang ibuk itu sambil nerangin jalannya *walau agak gk betah sih bau asepnya*.

Ane tetp jalan dibelakangnya sambil ngegas2 mtor ane biar lampunya tmbah terang gitu. Egk tau kenapa ato hanya persaaan ane tuh ibu tmbah ngebut, buset dah asep tmbah buanyak yg keluar dri tuh motornya. Mau gak mau ane juga harus ngebut ngimbangin dia biar ane bisa nerangin jalannya dia.

Makin lama tuh ibu2 makin gila, ngebut bangetttt sampe2 polisi tidur juga di embat, sayuran2 dalem plastik yg dibawa dia ampe muter2 kagak karuan. Ya ane tetep aja ngebut juga coz ngimbangin itu ibuk.
Seteah 10 menitan kebut2 tan (plus asep yg ane hirup juga udah bayaaaaaak) akhirnya ibu itu berhenti. Ibu itu lansung nengok ke belakang.

“BEGAL!!!!!!!!, AMPUN JANGAN BEGAL, CUMA DAGANG SAYUR INI” dia jerit sambil ngadep kebelakang tepat di ane.
Ane kaget trus dalem hati ane mikir “wah pantes aja itu ibu ngebut ternyata di belakang kami ada yg niat nge begal”, ane ketakutan n standarin motor ane n ngehampirin tuh ibu2.

“OALAH KAMU tho, TAK KIRAIN BEGAL, la kamu itu ngapain ngikutin bude dari belakang” Bude sayur itu teriak ke ane.
Weh ternyata begalnya itu ane gan, tadi ane dikira mau begal bude sayur itu n knpa dia tadi nmbah kecepatan dikira ane itu begal yang ngikutin dia.

Weleh niat nya baik mau nerangin pake lampu malah dikira begal, udah bau asep lagi.

PELAJARAN DARI KISAH INI, begal itu boncengan dan g bawa tas.  Kalo naek motor sendiri itu bukan begal tapi jomblo hahahahaha

2 Responses to "Fenomena Begal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel